Senin, 26 Juli 2010

EL - PHI - TJI

mengatasi fenomena tabung gas yang sering meledak

akhir-akhir ini banyak tabung gas yang sering meledak.entah salah siapa, yang terpenting adalah telah banyak korban fisik dari kejadian ini. ada yang meninggal dan ada yang terluka parah. selain korban fisik, ada juga pihak yang menjadi korban perasaan akibat si kambing hitam dari pihak yang takut disalahkan.

cara paling gampang ialah
memastikan pembelian tabung, kompor gas, selang dan regulatornya ditempat yang telah dipercaya baik oleh ke tiga element pengamat mutu yaitu, masyarakat,produsen dan standart nasional (sni). solusi mudah ini cocok untuk kelas ekonomi menengah keatas.

cara paling sedang-sedang saja ialah
membuat bak air (yang anti jentik nyamuk) untuk merendam tabung gas dan regulatornya. yang dimana tekanan air dapat menekan gaya pada tabung, dan bila terjadi kebocoran pada tabung akan segera terlihat dari gelembung udara yang keluar dari tempat yang bocor.solusi sedang-sedang ini cocok untuk kelas ekonomi menengah kebawah.

cara paling sulit ialah
5 teknik perakitan/instalasi
1. jangan merubah standart sni dan pabrik kompor gas anda ( bila diubah, maka anda sendirilah pelaku bom bunuh diri)

2. pemasangan ujung selang dengan pipa gas yang ada dikompor gas -/+ 0,5cm dari batas pinggir kompor,dan pengikatan kunci-kunci gelang untuk selang harus kuat dan kencang. biasanya ditandai dengan kompor yang tidak bisa dinyalakan pada saat sehabis mengganti tabung baru. hal ini disebabkan ketika regulator dilepas, sebagian kecil gas di regulator keluar dan diganti degan udara biasa.

dan ketika dipasang tabung baru maka gas yang baru akan terhambat oleh udara tersebut, tapi jangan cemas karena hal ini dapat diatasi dengan cara mengetuk pelan-pelan selang didekat kunci gelang yang berada didekat diregulator agar udara dapat turun ke kepala regulator dan keluar melalui lubang udara yang ada dikepala regulator.

3. mengecek dan memilih silk atau karet (berwarna hitam dan berada didalam lubang tabung) pada tabung dalam,silk harus kondisi fit, tidak robek, tidak kasar dan kendor. pilih lah calon no.1, yaitu utuh, kesat, karet hitam pekat tapi mengkilap dan kencang. bila tidak meyakinkan, tukarkan tabung di tempat anda membeli.

4. lihatlah kondisi tabung, jangan beli tabung yang berkarat atau tabung berkarat tapi cat nya baru direnofasi. pilihlah yang berantakan (bersih anti karatan).

5. jauhkan antara kompor dan tabung, sebaiknya tabung berada dibawah jauh dari kompor. terakhir, letakan mereka di dekat jendela (sehingga tetangga kita dapat mencium aroma khas ikan asin dari pengorengan) dan buatlah sirkulasi udara dapur lancar.
solusi ini cocok untuk kelas ekonomi menengah keatas dan bawah.

bila kurang yakin, maka serahkanlah pada orang yang ahli dan terpecaya untuk merakitnya.

terima kasih. and see you tomorrow, bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar